The Circle: Isu di Era Digital

Apakah anda kini tengah kecanduan teknologi? Jika iya, maka film ini bisa menjadi obat bagi kecanduan anda.

Jika anda menyukai cerita dengan tema kemajuan teknologi dan kerap mengikuti isu-isu terkini dalam era digital, mungkin anda harus segera memasukan film nonton bioskop online ‘The Circle’ ke dalam daftar film wajib tonton anda selama pekan depan. Rencananya akan dirilis pada tanggal 28 April 2017, film ini telah membuat banyak orang penasaran dan tidak sabar untuk melihat film tersebut.

Bercerita tentang seorang prempuan muda, cantik dan berbakat, Mae Holland, yang berhasil mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan terbesar yang bergerak di bidang teknologi dan sosial media. Bukan hanya sekedar besar, bisa dikatakan bahwa perusahan tersebut juga sangat berpengaruh pada kehidupan banyak orang. Tentu tidak mudah bekerja di perusahaan semacam itu dengan segala macam tuntutan dan isu mengenai kebebasan di era digitalisasi. Apakah Mae mampu bertahan atau dia memilih untuk mundur?

The Circle is the American everyman

Eamon Bailey (Tom Hanks) adalah pendiri The Circle sebuah perusahaan teknologi dan sosial media terbesar di Amerika dan dunia. Sebagai orang yang dinilai sukses dalam berbisnis dalam bidang digital, Eamon pun kerap menjadi pembicara di berbagai acara seminar dan universitas. Banyak orang yang kagum kepadanya, sedangkan banyak anak muda yang ingin sekali bekerja di The Circle.

Mae Holland (Emma Watson) merupakan salah satu dari sekian banyak anak muda yang mempunyai impian yang sama yaitu bekerja untuk The Circle. Suatu hari dia berhasil mewujudkan impiannya dan bekerja di The Circle. Semua orang mendukungnya. Berkat kecerdasan dan ketekunannya, dia pun naik jabatan dengan cepat, Mae sangat bersyukur atas itu.

Namun setelah dia bekerja di The Circle, kehidupannya dengan dunia di luar kantornya semakin berjarak. Dia merasa asing dengan dunia sekitarnya, dunia yang lebih nyata. Hal itu membuat Mae bertanya-tanya, apa yang sebenarnya telah terjadi kepada dirinya selama ada di kantor sehingga dia bisa dengan cepat berubah menjadi asing? Mampukah Mae mengatasi masalah tersebut?

Distopia Bernama Media

Film The Circle diangkat dari novel terlaris milik Dave Eggers dengan judul yang sama. Buku tersebut ternyata menarik minat James Ponsoldt sang sutradara untuk mengangkatnya ke layar lebar. Bersama dengan sang penulis novel, James Ponsoldt pun menuliskan naskahnya sendiri.

Sebelum diangkat ke layar lebar, The Circle sudah terlebih dahulu laku dipasaran dalam wujud novel. Ceritanya sendiri sebenarnya merupakan representasi distopia pada masa sekarang, di mana banyak orang terlalu menggantungkan hidupnya pada internet. Banyak orang menampilkan dirinya sedara langsung, tanpa ada lagi batasan privasi diri sendiri dan dunia luar. Untuk beberapa saat mungkin kita akan nyaman, sangat nyaman, sebab kita bisa memantau orang-orang yang kita sayangi dan mempermudah hidup kita sendiri.

Tapi justru inilah kengerian yang ingin disampaikan. Bayangkan jika semua orang bisa melihat apa yang anda lihat, mendengar apa yang anda dengar, membalas komen hanya dengan berbicara layaknya orang yang sedang menelpon, apakah anda akan merasa nyaman? Jawabannya tentu tidak. Namun itulah yang akan terjadi sekarang and it will getting worst di masa depan, tidak ada lagi batasan antara diri sendiri dan teknologi.

Film yang diproduksi oleh Image Nation Abu Dhabi, Likely Story dan Playtone ini dengan sangat tepat menggandeng aktor sekelas Tom Hanks, Emma Watson, John Boyega, Ellar Coltrane. Entah kenapa melihat mereka bermain dengan sangat bagus sekali, nyaris tidak ada pesan yang tidak tersampaikan dari akting mereka. nonton film streaming ini akan dirilis pekan depan, namun untuk jadwal rilis di Indonesia sendiri belum diketahui, semoga segara ada di bioskop Indonesia deh.